kandang kambing etawa

Advertisement
Baru-baru ini saya sedang mencari referensi mengenai analisis usaha peternakan bidang penggemukan kambing. Apakah sangat menguntungkan dan patut untuk dipertimbangkan ?
Ternyata setelah saya menghitung-hitung dalam hal ini saya mengambil contoh usaha penggemukan kambing jenis jawa randu untuk 50 ekor saja dapat menghasilkan keuntungan bersih sekitar 45 jutaan. Masa pemeliharaan sekitar 100 hari dengan biaya produksi sekitar 100 jutaan. Wow sangat menguntungkan sekali kan ? dan yang pasti usaha penggemukan kambing ini sangatlah cerah sekali.


Apakah anda tertarik usaha penggemukan kambing ?


Tidak hanya usaha penggemukan kambing saja yang memiliki prospek cerah, usaha kambing perah jenis etawa juga cukup cerah sekali. Mengingat saat ini susu kambing etawa banyak diyakini banyak kalangan digunakan sebagai penyembuh sakit. Nah jika Anda tertarik yang perlu Anda persiapkan selain modal adalah masalah kandang. Kandang dibuat disesuai dengan usaha apa yang ingin Anda rintis. Apakah usaha penggemukan kambing atau kambing perah penghasil susu. Sebab keduanya akan ada sedikit perbedaan kontruksi bangunan atau model kandangnya.


Model kandang umumnya dibuat model panggung hal ini bertujuan agar memudahkan saat pembersihan kotoran. Sebab kotoran langsung jatuh ke bawah dan konstruksi lantainya biasanya dibuat agak miring.


Kandang Kambing Untuk Penggemukan

Ternak kambing untuk penggemukan kontruksi kandang tidak perlu luas-luas untuk pemeliharaan 10 ekor kambing dapat dibuat kandang panggung dengan ukuran P X L = 3 m X 1,5 m. dan tiap blog di isi 1 ekor kambing. 1 bloknya ukurannya memang kecil hal ini bertujuan agar  kambing tidak banyak bergerak sehingga tidak banyak energy yang terbuang. Hasilnya kambing akan cepat gemuk.Gambar kandangnya dapat Anda lihat di bawah ini
kandang kambing etawa

Kandang Kambing Perah ( Kambing Etawa )

Model kandang untuk 1 bloknya dibuat agak luas hal ini bertujuan agar memberikan leluasa induk kambing untuk bergerak ditambah jika memiliki anakan. Selain itu juga akan mempermudah dalam pemerahan susu nantinya. model kandang dapat Anda lihat seperti dibawah ini.

satu bloknya dibuat agak luas

kandang kambing etawa

kandang kambing etawa
Semoga bermanfaat
Advertisement
kandang kambing etawa | Blogs Multiraya | 5

2 comments: