cara ternak kambing etawa kaligesing

Advertisement
cara ternak kambing etawa kaligesing
Persiapan awal pembuatan kandang kambing seperti, menggunakan cor dari beton akan memudahkan kita dalam merawat kandang disisi lain juga lebih kelihatan kokoh dan bersih, kandang ini berukuran 2×12 m yang terdiri dari 4 ruang memungkinkan untuk menampung 40 ekor kambing.
Kandang  nampak pada gambar disamping mendekati sempurna. kandang untuk kambing jenis etawa harus menggunakan tipe kandang panggung, karena lebih rawan terkena gangguan penyakit, baik gatal, mastitis
(penyakit pembengkakan kelenjar susu) dll.

cara ternak kambing etawa kaligesing
Sempurna proses finishing kandang tinggal melengkapi tempat untuk pakan kambing dan siap untuk digunakan, bagi temen temen yang berminat untuk beternak kambing etawa hendaknya mempersiapkan kandang yang sesuai terlebih dahulu, demi kelangsungan hidup ternak.
Beberapa macam ukuran kandang yang cocok untuk pemeliharaan kambing perekor per ruang adalah luas 1,5 m x 2 m, ini sangat cukup bilamana kambing sedang beranak.
Bahan bahan untuk pembuatan kandang bisa menggunakan kayu keras yang tumbuh di sekitar tempat tinggal kita seperti kayu sengon jawa, sono, mahoni, glugu, bambu atau yang lain. disarankan menggunakan kayu jenis ini agas usia pakai kandang sesuai target.
Pemahaman masyarakat jawa, terhadap bahan kayu yang digunakan untuk pembuatan kandang berbeda beda, ada yang menganggap kayu mahoni bagus untuk kandang, namun ada juga yang tidak memakai, itu sebetulnya tidak berpengaruh banyak terhadap ternak namun hanya mitos dan pemahaman si peternak saja.
Ada bermacam macam model kandang di sekitaran jawa tengah, bahkan ada juga yang menggunakan bahan dari bambu petung ini sangat cocok kalau di daerah dataran rendah dan suhu udara lebih panas, seperti di daerah pesisir pantai, karena memungkinkan lebih awet.
Lokasi pada dataran tinggi berbeda dengan di dataran rendah dikarenakan tekanan angin yang berbeda pula untuk didataran tinggi kandang tidak harus tinggi dan diwajibkan pagar rapat sehingga dapat melindungi kambing dari cuaca yang dingin, namun kalau di dataran rendah kandang kambing tidak harus rapat dikarenakan cuaca yang panas sehingga tidak begitu membutuhkan perlindungan ekstra. untuk estimasi pembuatan kandang bisa disesuaikan dengan biaya tukang ataupun harga kayu pada daerah daerah setempat.



Advertisement
cara ternak kambing etawa kaligesing | Blogs Multiraya | 5

0 comments:

Post a Comment