ciri kambing etawa super

Advertisement
Banyak pertanyaan, bagaimana ciri-ciri kambing Peranakan Etawa (PE) yang dikatakan super itu? Ada 9 (sembilan) ciri-ciri :
ciri kambing etawa super
1. Postur tubuh
Berat kambing jantan bisa mencapai 85 kg, sedangkan berat betina 60 kg. Bentuk badannya persegi panjang. Punggungnya rata (tidak berpunuk) dan tidak melengkung ke bawah.
Tinggi badan bisa mencapai 120cm atau rata-rata 100 cm untuk jantan. Sedangkan untuk betina tingginya sekitar 85 cm. Tinggi diukur dari kaki depan bagian terbawah sampai ke punggung kambing. Panjang badan juga menjadi pertimbangan, karena akan berpengaruh terhadap anakannya kelak.


2. Bentuk Kepala
Mukanya cembung bisa seperempat lingkaran/oval. Nonong dalam istilah Jawa-nya.
Semakin cembung, semakin bagus.


3. Telinga
Terlipat (menutup) rapat, lurus ke bawah dan lipatannya menghadap ke depan. Panjang idealnya 28 – 35 cm. Ketika tertutup, lebarnya 6 cm. Diusahakan telinganya tidak berbonggol.


4. Gelambir
Untuk jantan, bulu panjang di leher layaknya sapi, menjuntai ke bawah. Semakin besar dan tebal gelambir, maka semakin bagus.


5. Kaki dan Kuku
Kaki harus sehat dan normal. Tidak cacat atau pengkang (melebar ke samping).Kuku juga dalam kondisi terawat.


6. Ekor
Panjang ekor bisa mencapai 20 cm, dengan bulu lebat. Ekor harus utuh, tidak terpotong atau cacat, berdiri tegak seperti ekor tupai (tidak terlipat atau menekuk ke bawah).


7. Alat Kelamin
Normal dan tidak cacat. Testis berjumlah dua, menggantung dan besarnya seimbang.
Untuk betina,jika umur sudah lebih dari 2 tahun, sedangkan ambing dan putingnya masih menempel pada perut bisa dipastikan kambing tersebut majir (mandul).


8. Corak bulu
PE hitam-putih jenis kaligesing. Putih polos jenis PE Senduro. Ada juga PE Merah/Coklat, PE strip putih coklat tipis, dll (pen.)


9. Kesehatan
Selalu terawat dan terjauh dari penyakit kudis, sakit mata, scabies (penyakit mulut) dan kuku, dll.
Satu lagi, bulu kambing PE Super biasanya jambrong (lebat), baik di badannya, gelambirnya, ekor dan di belakang paha kaki belakang. Biasanya juga ada poni di bagian depan muka.

Smoga bermanfaat!
Advertisement
ciri kambing etawa super | Blogs Multiraya | 5

0 comments:

Post a Comment