strategi jitu ternak kalkun bagi pemula

Advertisement
Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba budidaya kalkun sebaiknya memulai dari membeli bibit budidaya kalkun yang berumur dua bulan. Bibit budidaya kalkun yang berumur dua bulan ini sudah tak terlalu merepotkan dibanding dengan bibit yang baru berumur sehari yang pastinya butuh perawatan ekstra.
Bibit budidaya kalkun berumur dua bulan yang ideal untuk diternakkan harus dipilih dari anakan yang
berpenampilan yang sehat, gesit, normal tidak cacat, kotoran kalkun berbentuk kering, tidak encer, tidak berwarna putih atau hijau, tidak terdapat luka dan sudah divaksin.
Bibit budidaya kalkun berumur dua bulan dipelihara dalam kandang khusus. Sebagai penerangan gunakan lampu bohlam. Untuk menjaga dari angin, setiap malam kandang budidaya kalkun kita tutup dengan plastik. Plastik ini bisa plastik bekas atau baru, karena fungsinya sama saja. Setiap malam, kalkun kecil ini harus kita lihat, apakah sudah cukup hangat. Jika kalkun masih terlihat berkerumun didekat lampu, berarti kita harus tambahkan lagi lampunya.
strategi jitu ternak kalkun bagi pemula
Setiap hari, kandang budidaya kalkun kita keluarkan bersama isinya, untuk dijemur. Penjemuran ini berfungsi agar kalkun lebih sehat. Waktu yang tepat untuk penjemuran ini antara jam 8-10 pagi. Saat kandang budidaya kalku dijemur, bersihkan ruangan dari kotoran kalkun. Kotoran kalkun dari kandang ditumpuk dalam lokasi tersendiri.
Sebagai makanannya, kalkun kecil ini kita beri ransum yang bahannya terdiri dari bekatul halus, sayuran, dan konsentrat. Bahan-bahan ini kita campur dengan air hangat sampai membentuk adonan yang tidak terlampau lembek. Untuk minumnya, kita sediakan air matang yang ditaruh dalam tempat minum yang bisa kita peroleh di toko-toko peternakan. Kalkun yang kita pelihara sebaiknya tidak dibiarkan minum air hujan karena akan gampang sakit.


Pembesaran Bibit Budidaya Kalkun
Pada budidaya kalkun setelah berumur 4 bulan kalkun bisa mulai diumbar. Pada umur tersebut kalkun sudah lebih tahan terhadap cuaca dan kemungkinan terserang penyakit. Jika masih tersedia kandang boks, kalkun bisa dimasukkan kandang lagi saat sore harinya. Jika tidak harus disediakan kandang budidaya kalkun yang aman dari gangguan saat malam hari.
strategi jitu ternak kalkun bagi pemula
Pakan dan cara pemberian makan dalam budidaya kalkun muda ini sedikit berbeda jenis dan dosisnya. Pakan dalam budidaya kalkun muda terdiri dari bekatul, sayur, dan konsentrat. Cara pemberian makan pada budidaya kalkun muda ini adalah dengan cara menaruh campuran ransumnya di dalam baskom plastik. Biasanya, kalkun-kalkun ini akan makan bersama-sama dan tidak berebut. Jika ada seekor kalkun yang nakal saat makan, segera pisahkan dan beri makan dalam wadah tersendiri.
AGar budidaya kalkun dapat memberi keuntungan maksimal dengan bobot pertumbuhan yang bagus kalkun muda berumur dapat berikan sayuran sebagai camilan. Sayuran yang biasa dikonsumsi adalah daun papaya, daun pisang dan sayuran lainnya.
Setelah berusia 6 bulan budidaya kalkun telah dapat menghasilkan kalkun dewasa yang siap dipasarkan. Kalkun usia dewasa ini tidak hanya dipelihara dalam kandang boks terus tetapi harus diumbar. Makanan yang diberikan pada kalkun dewasa tidak berbeda dengan kalkun muda. Hanya saja untuk nasi aking dan katul perlu ditambah. Jumlahnya sesuai dengan kebutuhan budidaya kalkun.
strategi jitu ternak kalkun bagi pemula
Tips Budidaya Kalkun Dewasa
Pelaku budidaya kalkun harus memahami bahwa saat kalkun menjadi dewasa, biasanya akan sering terjadi pertarungan antar pejantan. Selain berebut pasangan, pertarungan ini juga terjadi saat berebut makanan. Untuk antisipasinya, kalkun yang nakal perlu kita kurung dalam kandang tersendiri.
Setelah beberapa kali bertelur, betina-betina yang dalam keadaan istirahat dan mbrodol juga perlu kita kelompokkan. Saat mbrodol, bulu-bulu kalkun akan rontok. Setelah bulu kembali pulih, kalkun siap untuk kembali kawin.
Pada budidaya kalkun kesehatan kalkun ditandai dengan nafsu makannya yang baik, kotorannya berwarna normal dan gerak-geriknya yang gesit. Selain itu, kalkun sehat juga dilihat dari bobotnya yang normal jika ditimbang. Bobot yang dimaksud disini adalah berat hidup kalkun per usia.
Tentu saja bobot daging hasil budidaya kalkun berhubungan erat dengan konsumsi dan gizinya. Terlalu mengirit pakan budidaya kalkun mengakibatkan kalkun tak bisa gemuk. Sebaliknya pemberian pakan yang terlalu boros juga tidak memiliki dampak peningkatan bobot daging hasil budidaya kalkun secara efisien
Advertisement
strategi jitu ternak kalkun bagi pemula | Blogs Multiraya | 5

0 comments:

Post a Comment