panduan ternak bebek air mudah

Advertisement
panduan ternak bebek air mudah
Beternak Bebek/Itik adalah salah satu cara untuk mendapatkan sebuah penghasilan. Banyak sekali terutama di daerah pedesaan menjadikan Budidaya Ternak Bebek sebagai mata pencaharian utama maupun sampingan. Hasilnya pun tidak main-main ada yang beromset puluhan juta per bulannya. Nah kali ini blog Generasi Wirausaha ingin berbagi pengetahuan tentang panduan ternak bebek air mudah.

Bebek petelur nampaknya merupakan salah satu bisnis yang mempunyai prospek sangat menjanjikan di karenakan semakin meningkatnya kebutuhan telur bebek di pasaran. Selain telur hasil yang di dapatkan dalam beternak bebek petelur adalah daging bebek yang sudah mencapai usia afkir dan juga kotorannya bisa digunakan untuk pupuk. Adapun telur bebek yang di hasilkan adalah telur konsumsi dan telur tetas. Jika telur yang di inginkan adalah telur tetas maka dalam beternak sebaiknya di sediakan kolam untuk berenang agar terjadi perkawinan alami. Agar menghasilkan telur tetas yang baik perbandingan jantan dan betina adalah 3-5 ekor pejantan untuk 50-100 ekor bebek/itik betina.

Panduan Sukses Cara Budidaya Ternak Bebek Petelur
Dalam beternak bebek petelur memiliki langkah-langkah atau syarat yang harus diperhatikan mulai dari kandang, pemeliharaan, dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya.

1. Kandang
Pada dasarnya kandang berfungsi untuk melindungi ternak dari panas, hujan, ataupun gangguan lainnya. Kandang yang ideal bagi ternak bebek akan mempengaruhi hasil yang di dapatkan kedepannya. Seperti apa kandang yang baik itu?
  • Jauh dari pemukiman padat penduduk.
  • Lokasi strategis
  • Bersih dan nyaman : kandang yang bersih dan nyaman akan menghindari dampak buruk yang timbul seperti bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan pada bebek. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang bebek agar kering dan bersih dari kotoran.
  • Temperatur / Suhu kandang : Suhu yang baik baik bagi kandang bebek adalah antara 27°-30°C dengan kelembaban tidak lebih dari 60%.
  • Mendapatkan sinar matahari : Dalam membuat kandang sebaiknya menghadap ke arah timur atau barat, Mengapa? agar angin dan panas matahari bisa masuk silih berganti ke dalam kandang. Selain itu sinar matahari yang masuk akan mengurangi kelembaban kandang yang berlebihan dan dapat membunuh penyakit yang ada di dalam kandang tersebut.
  • Memiliki halaman pengumbaran : Biasanya bebek di umbar di luar kandang seperti rawa ataupun sawah namun sekarang sepertinya berbahaya di karenakan pengelolaan sawah yang menggunakan pupuk kimia akan mengakibatkan bebek keracunan. Alangkah baiknya jika disediakan tempat pengumbaran di dalam kandang agar bebek dapat bergerak dan tidak hanya berdiam diri. Sebaiknya juga lengkapi sebuah kolam karena pada dasarnya bebek adalah hewan yang suka bermain di dalam air.
  • Penerangan : Selain untuk memudahkan kita dalam melihat/mengawasi kondisi bebek, penerangan juga berfungsi untuk pengendalian suhu sehingga bebek/itik akan merasa lebih nyaman.
  • Kuat dan aman : Konstruksi kandang harus kuat tidak perlu mahal asalkan tahan lama. Pembuatan kandang yang kuat dan aman juga berfungsi untuk mencegah bebek/itik di serang hewan predator seperti anjing atau musang.
  • Perlengkapan seperti tempat makan dan minum, alat kebersihan dan lain sebagainya.
Menurut jenisnya kandang bebek di bedakan menjadi beberapa tipe, yaitu :
Kandang box
panduan ternak bebek air mudah
Kandang box adalah kandang yang digunakan untuk anak bebek/itik umur 1-14 hari di karenakan anak itik masih membutuhkan tempat yang hangat dan nyaman. Kandang box biasanya terbuat dari triplek, bambu, kawat ram, ataupun kardus. Ukuran kandang box bebas di sesuaikan dengan kebutuhan, jika DOD yang akan di ternak sangat banyak maka untuk menghemat tempat dapat di akali dengan membuat kandang box bertingkat. Untuk ukuran 1 meter persegi biasanya mampu untuk menampung hingga 50 ekor DOD. Kandang yang baik adalah memiliki ventilasi pada dinding kandang, lantai terbuat dari bilah bambu maupun kawat ram, tinggi kandang idealnya 1 meter di lengkapi dengan alat pengatur suhu atau lampu di atasnya. Sedangkan tempat makan dan minum dapat di letakkan di dalam kandang maupu luar.

Kandang Ren / Ranch
panduan ternak bebek air mudah
Sebenarnya kandang ren adalah modifikasi dari kandang postal, kandang ini sangat cocok  untuk menghasilkan telur tetas. Kandang ren / ranch atau biasa juga disebut kandang umbaran adalah kandang yang di rekomendasikan untuk beternak bebek petelur di karenakan di dalam kandang di lengkapi dengan kolam untuk berenang, tempat berteduh, bermain dan bertelur sehingga bebek/itik akan merasa seperti di alam aslinya. Kandang dengan tipe ren/ranch membuat itik/bebek terhindar dari stres sehingga produksi telur bisa maksimal.

Kandang Postal
panduan ternak bebek air mudah
Kandang postal adalah kandang untuk itik/bebek petelur yang mirip dengan kandang ren. Terbuat dari bilahan-bilahan bambu atau kawat ram dengan lantai dari tanah yang dipadatkan dan di atasnya di lapisi kapur, jerami, atau serbuk gergaji. Hanya saja kelemahan dari kandang ini jika terkena tumpahan air hujan atau air minum maka akan sulit dikeringkan sehingga akan menimbulkan penyakit bagi bebek/itik.

Kandang Batere
panduan ternak bebek air mudah
2. Pemilihan Bibit DOC
panduan ternak bebek air mudah
Untuk mendapatkan hasil yang baik maka harus memulainya dari bibit yang baik pula. Berikut ini adalah beberapa cara memilih bibit untuk ternak bebek petelur.
  1. Membeli DOD dari peternak yang mutunya bagus. Bisa dengan meminta rekomendasi pada seseorang yang berpengalaman atau kepada dinas peternakan.
  2. Membeli telur tetas lalu di tetaskan sendiri dengan menempatkan pada ayam atau entok yang sedang mengeram.
  3. Memelihara induk dan pejantan yang unggul kualitasnya untuk menghasilkan telur tetas yang berkualitas.
Adapun ciri-ciri DOD yang baik untuk di ternakkan adalah sehat, tidak cacat, lincah (aktif), bulu berwarna kuning mengklilap.

3. Pemeliharaan
Pemeliharaan bebek/itik terbagi menjadi 3 fase, yaitu:
  • Fase Starter      umur  0 sampai 2 bulan.
  • Fase Grower    umur  2 sampai 6 bulan.
  • Fase Layer       umur  6 sampai 3 tahun (afkir).
a. Fase Starter
Pakan yang diberikan untuk fases starter adalah pakan yang memiliki kadar protein 20% dan kalori antara 2.700 - 3.000 Kkal. Bisa menggunakan pakan yang di perjual belikan di toko-toko seperti konsentrat ataupun pakan buatan berupa jagung kuning, kedelai, dedak halus, bungkil kelapa, dan tepung ikan dengan takaran masing-masing 2kg ditambah dengan kacang hijau 1kg lalu ditumbuk halus. Pakan diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Untuk kandang menggunakan kandang box yang dilengkapi dengan pemanas misalnya lampu yang di gantung pada bagian atas di karenakan anak bebek/itik belum bisa beradaptasi dengan baik pada suhu luar sehingga anak bebek akan mati karena kedinginan. Tujuan menggunakan kandang box dan lampu adalah agar itik/bebek merasa hangat dan nyaman. Dalam satu box ukuran 1 meter persegi mampu untuk menampung hingga 50 DOC.


b. Fase Grower
Pada fase ini pakan yang diberikan adalah sama seperti fase starter hanya saja di beri selingan pada siang hari yaitu sayur-sayuran misalnya kangkung, bayam, atau yang lainnya. Namun dalam memberikan pakan ini perlu dibatasi karena dapat merangsang itik/bebek bertelur pada usia muda. Jika itik/bebek bertelur pada usia muda maka hasil telurnya hanya kecil-kecil dan tidak maksimal. Kandang yang di gunakan pada fase grower bisa menggunakan kandang postal maupun kandang ren. Kepadatan kandang 4-5ekor per meter persegi.

c. Fase Layer
Pakan yang diberikan pada fase ini adalah berupa pakan buatan (ransum) diantaranya jagung kuning, dedak padi, bungkil kelapa dengan takaran masing-masing 4kg, tepung daging dan tepung ikan masing-masing 2kg, ditambah tepung tulang 1kg, dan kapur 3/4 kg, lalu dicampur menggunakan air karena bebek/itik lebih menyukai makanan basah. Pakan diberikan pada waktu pagi dan sore hari, dan untuk siang hari diberikan sayur-sayuran. Jumlah ideal pakan bebek petelur adala h 20kg/100ekor/hari. Fase layer adalah fase dimana bebek/itik mulai bertelur hingga memasuki masa afkir. Sebaiknya pada fase ini bebek/itik di jauhkan dari keramaian agar tidak mudah terkejut sehingga dapat menyebabkan bebek/itik tidak mau bertelur.


4. Pemanenan
Pemanenan yang dihasilkan adalah telur bebek, sedangkan hasil tambahannya adalah berupa daging bebek yang sudah mencapai masa afkir dan kotoran yang dapat di gunakan sebagai pupuk. Setelah telur di panen sebaiknya jangan di simpan terlalu lama karena telur bebek adalah telur yang mudah busuk yang hanya mampu bertahan sekitar 14 hari. Untuk mengakali agar telur tidak mudah busuk sebaiknya segera di jual atau di olah menjadi sebuah makanan, misalnya Telur Asin. Selain itu adalah dengan cara di awetkan. Bagaimana Cara Mengawetkan Telur Asin?
  • Menggunakan air hangat : Setelah telur direndam menggunakan air hangat maka telur mampu untuk bertahan selama 20 hari.
  • Menggunakan daun jambu biji : Caranya sama yaitu dengan cara direndam dengan campuran daun jambu biji maka telur mampu untuk bertahan selama 1 bulan. Namun merendam telur menggunakan daun jambu biji akan mengakibatkan warna telur menjadi kecoklatan.
  • Menggunakan minyak kelapa
  • Menggunakan natrium silikat
  • Menggunakan garam yang dilarutkan
Sekian terima kasih telah membaca artikel panduan ternak bebek air mudah semoga bermanfaat bagi para pembaca.


Advertisement
panduan ternak bebek air mudah | Blogs Multiraya | 5

0 comments:

Post a Comment