bisnis untung ternak bebek blengong

Advertisement
Kesuksesan ada di depan mata, bila dalam mengambil peluang usaha ternak tiktok fokus pada satu jenis itik pedaging saja. Pasalnya, tiap jenis itik pedaging memiliki keunggulan dan keurangannya serta karakteristik khasnya. Pada artikel sebelumnya, sudah diperkenalkan itik lokal dan itik peking. Nah, untuk pembahasan kali ini akan mengenal jenis itik pedaging lainnya seperti itik Aylesbury, itik Muskovy dan itik persilangan.
bisnis untung ternak bebek blengong
Itik Aylesbury populer di Inggris Raya sana. Bobotnya bisa mencapai 4-4,5 kg/ekor. Daging bertekstur lembut dan berwarna putih. Hasil persilangan antara itik aylesbury dengan itik peking ternyata sangat bagus sebagai itik pedaging. Hasil persilangan dari kedua jenis itik pedaging ini terbukti pertumbuhannya cepat dengan kualitas daging yang bagus pula.


Itik muskovy bersosok besar. Bobotnya bisa mencapai 3-5,5 kg/ekor. Jenis itik pedaging ini berasal dari Amerika Selatan. Sifat keibuannya yang suka mengerami telurnya tinggi. Para peternak di Amerika Selatan memanfaatkannya sebagai mesin tetas. Hasil persilangan antara itik muskovy dengan entok asal Taiwan menghasilkan mule duck dengan kualitas daging yang bagus. Mule duck bisa berbobot antara 2,2-2,5 kg hanya dalam jangka waktu pemeliharaan 10 minggu. Mule duck ini sangat digemari oleh orang-orang Taiwan.


Kalau contoh jenis-jenis itik pedaging di atas berasal dari mancanegara, saatnya kita tengok itik-itik pedaging hasil persilangan dalam negeri. Srati atau branti merupakan itik hasil persilangan antara itik lokal dengan itik alabio. Srati bisa mencapai bobot 2,5-3 kg/ekor dengan pemeliharaan selama 3 bulan. Untuk hasil persilangan antara itik tegal dengan itik alabio hanya bisa mencapai bobot 1,5 kg dalam waktu pemeliharaan yang sama. Untuk hasil persilangan yang berkelamin jantan disebut blengong, sedangkan yang betina disebut tongki.


Supaya sukses dalam mengambil peluang usaha ternak tiktok, pertimbangkan untung-ruginya. Karena peternak harus mempertimbangkan kesesuaian lokasi beternak dengan kesesuaian itik jenis pedaging yang dipilih. Peternak juga harus mengetahui cara-cara dan teknis pemeliharaannya mulai dari pemilihan DOD (day old duck), tempat perawatan, cara-cara perawatan, pengendalian penyakit dan perlakuan itik siap panen.
Advertisement
bisnis untung ternak bebek blengong | Blogs Multiraya | 5

0 comments:

Post a Comment